10 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

manfaat kacang hijau
Kacang hijau merupakan jenis palawija yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaaat yang dimaksud? Berikut poin-poin lengkapnya!

GoDok Manfaat Kacang Hijau – Bagi orang Indonesia, kacang hijau merupakan salah satu bahan pangan yang akrab sekali digunakan sebagai dasar dari berbagai sajian. Sebut saja beberapa jenis olahan kacang hijau yang sering kita temui, mulai dari bubur kacang hijau, kue kering, hingga puding. Hmm, lezat!

Seperti yang Anda ketahui, kacang hijau merupakan salah satu jenis palawija yang tumbuh luas di negara-negara tropis, seperti Indonesia. Bahan pangan yang termasuk ke dalam suku polong-polongan (fabaceae) ini memang sudah dikenal luas sebagai sumber makanan tinggi protein nabati. Karenanya, tidak heran jika kemudian kacang hijau dipercaya memilki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut poin lengkapnya:

Manfaat Kacang Hijau 

1. Baik bagi jantung

Tahukah Anda, bahwa dalam kacang hijau terkandung 73% asam lemak tidak jenuh dan 27% asam lemak jenuh? Fakta inilah yang membuat para ahli percaya bahwa konsumsi kacang hijau dapat membuat Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

(Baca: Ingin Jantung Sehat? Yuk, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!)

2. Membantu menurunkan berat badan

Ketika Anda mengonsumsi kacang hijau, maka produksi hormon cholecystokinin dalam tubuh akan terpacu. Hasilnya, Anda akan mudah merasa kenyang. Tentu hal ini amatlah bermanfaat bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Karena, semakin banyak hormon cholecystokinin yang diproduksi, maka semakin kecil pula keinginan untuk mengemil dan makan berlebih.

(Baca: 5 Alasan Mengapa Diet Pisang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan)

3. Mencegah kerusakan otak pada janin

Bagi Anda yang sedang mengandung, maka kacang hijau bisa menjadi salah satu bahan pangan ideal untuk dikonsumsi. Alasannya tidak lain karena tingginya kandungan asam folat, omega 3, serta omega 6 di dalam kacang hijau. Seperti yang telah kita ketahui, asam folat merupakan senyawa yang baik bagi perkembangan otak serta sistem syaraf janin.

4. Mengatasi anemia

Dalam kacang hijau, terdapat kandungan zat besi. Karenanya, tidak heran jika konsumsi bahan pangan yang satu ini sangatlah disarankan bagi mereka yang menderita anemia. Mengapa? Karena asupan zat besi dalam jumlah yang cukup terbukti ampuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah dan eritrosit di dalam tubuh.

(Baca: Penyakit Anemia)

5. Menghaluskan kulit

Siapa yang tidak menginginkan kulit wajah dan tubuh yang halus? Daripada membuang uang untuk melakukan perawatan kecantikan di salon, ada baiknya Anda mencoba merutinkan konsumsi kacang hijau. Kandungan vitamin D dan E yang tinggi pada kacang jenis ini ternyata berkhasiat untuk melembapkan, menghaluskan, merawat, serta menjaga kesehatan kulit.

6. Mencegah kanker

Jarang yang mengetahui bahwa kandungan polyphenol dan oligosakarida dalam kacang hijau terbukti efektif dalam mencegah timbulnya kerusakan pada DNA serta mutasi sel yang dapat memicu berbagai jenis kanker. Selain itu, kandungan flavonoid pada kacang hijau juga berperan sebagai agen anti-oksidan pengusir senyawa radikal bebas dari dalam tubuh.

(Baca: Katakan Tidak Pada Kanker di Hidup Anda!)

7. Menguatkan tulang

Ingin terhindar dari penyakit tulang? Maka, kacang hijaulah jawaban yang selama ini Anda cari. Tingginya kandungan fosfor serta kalsium dalam bahan pangan yang satu ini diklaim banyak pihak efektif untuk menjaga kekuatan serta kesehatan tulang; sekaligus menurunkan risiko Anda terkena osteoporosis.

8. Melancarkan pencernaan

Siapa bilang kacang hijau tidak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan? Buktinya, kandungan serat pada kacang terbukti tidak hanya ampuh dalam mengikat bahan kimia berbahaya pada usus, namun juga efektif dalam melindungi serta menjaga fungsi selaput lendir di usus besar.

9. Menyehatkan rambut

Jika ingin terhindar dari risiko mengalami kebotakan dini, maka Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi kacang hijau. Mengapa? Karena senyawa zinc di dalamnya dipercaya dapat mengendalikan produksi hormon pada kulit kepala yang erat kaitannya dengan kesehatan serta pertumbuhan helai rambut.

(Baca: Ini Dia Penyebab Si Rambut Bercabang)

10. Menjaga kesehatan mata

Terakhir, layaknya wortel, kacang hijau juga kaya akan vitamin A. Anda tentunya paham dengan manfaat vitamin ini. Ya, vitamin A berfungsi untuk menjaga kelembapan kornea, menurunkan risiko rusaknya retina, hingga membuat Anda terhindar dari kemunduran fungsi penglihatan.

(Baca: Cegah Kerusakan Mata dengan Konsumsi Makanan Ini)

Itu tadi beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.