10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

manfaat buah bit untuk kesehatan
Tahukah Anda dengan  buah bit? Ternyata buah bit banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh Anda, lho!  Berikut Go Dok paparkan 10 manfaat buah bit untuk kesehatan

GoDokManfaat Buah Bit untuk Kesehatan – Apakah Anda familiar dengan buah bit? Meskipun dinamakan ‘buah’, namun bit yang berwarna merah ternyata masuk dalam golongan sayuran. Nah, untuk menambah keyakinan Anda agar rutin mengonsumsi buah bit, berikut Go Dok paparkan 10 manfaat buah bit untuk kesehatan:

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah bit untuk kesehatan yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Ini sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh American Heart Association yang menyimpulkan bahwa kandungan nitrat pada buah bit menjadikan sayuran ini baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita hipertensi karena terbukti dapat menurunkan tekanan darah dalam kurun waktu 24 jam.

(Baca: Hati-Hati! Ini Makanan Pemicu Hipertensi!)

2. Mencegah kanker

Salah satu alasan mengapa buah bit berwarna merah menyala adalah karena sayuran ini kaya akan kandungan betacyanin. Senyawa inilah yang ternyata ampuh dalam menangkal radikal bebas serta mencegah perkembangan abnormal sel di dalam tubuh. Jadi, jangan ragu untuk selalu mengonsumsi buah yang satu ini, ya!

3. Menjaga fungsi penglihatan

Sama seperti halnya wortel, kandungan betakaroten pada buah bit sangatlah baik untuk menjaga fungsi penglihatan. Lebih lanjut, senyawa luthein dan zeaxanthin pada sayuran ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan retina mata. Nah, buat kamu yang sayang mata, jangan lupa selipkan buah bit dalam daftar menu harian ya!

(Baca: Cegah Kerusakan Mata dengan Konsumsi Makanan Ini)

4. Mencegah Alzheimer

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi otak akan mengalami kemunduran. Inilah yang menyebabkan lansia sangat rentan terkena Alzheimer. Untuk mencegah hal tersebut, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi buah bit karena kandungan nitrat di dalamnya dapat memperlancar sirkulasi darah ke otak. Hasilnya, Anda akan terhindar dari penyakit degeneratif, seperti Alzheimer dan demensia.

5. Menstabilkan kadar gula darah

Manfaat buah bit untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk menstabilkan kadar gula darah. Ini tidak terlepas dari fakta bahwa buah bit kaya akan senyawa antioksidan dan alpha lipoic yang tidak hanya efektif untuk menstabilkan kadar glukosa, tapi juga ampuh untuk merangsang sensitivitas insulin serta mencegah proses oksidasi sel-sel tubuh Anda.

(Baca: Kenali Batas Aman Konsumsi Gula Harian Anda!)

6. Melancarkan sistem pencernaan

Jika Anda mengalami maslaah pencernaan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumsi buah bit. Sebab, layaknya sayuran lain, serat larut di dalam buah bit dapat melancarkan serta menjaga kesehatan organ pencernaan Anda.

7. Mencegah penyakit hati

Selanjutnya, manfaat buah bit untuk kesehatan yang dapat Anda rasakan adalah untuk mencegah penyakit hati. Alasannya tidak lain karena senyawa yang terkandung di dalam buah bit terbukti daat mengurangi timbunan lemak di hati.  Hebat, bukan?

(Baca: Serba Serbi Penyakit Hati)

8. Mengobati anemia

Sering merasa pusing atau lemas karena anemia? Maka, cobalah untuk mengobatinya dengan menggunakan buah bit. Kandungan zat besi yang ada dalam buah bit dijamin mampu merangsang pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

9. Meningkatkan sistem imun

Manfaat buah bit untuk kesehatan lainnya untuk tingkatkan sistem imun Anda dan seluruh anggota keluarga dengan sajian berbahan dasar buah bit. Lagi-lagi, ini merupakan dampak dari kandungan vitamin C serta senyawa antioksidan yang tinggi pada buah bit yang dijamin efektif untuk menghalau infeksi virus dan bakteri pemicu penyakit.

(Baca: Bekas Jerawat Susah Hilang? Berikut Cara Jitu Hilangkan Bekas Jerawat)

10. Mengatasi jerawat

Manfaat buah bit untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk mengobati jerawat. Selain dapat meredakan peradangan akibat minculnya jerawat, penggunaan masker buah bit minimal dua hari sekali juga dapat menyamarkan flek hitam bekas jerawat dengan cepat.

Nah, itu tadi 10 manfaat buah bit untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Semoga bermanfaat, ya!