10 Cara Ini Dijamin Manjur Untuk Move On dari Mantan

move on dari mantan

Go Dok – Move On dari Mantan – Ini dia yang biasanya menjadi topik utama bagi orang-orang, khususnya bagi para remaja sampai dewasa. Memang apa sih topiknya? Nah, biasanya topik utamanya adalah saat dimana Anda belum bisa move on dari seseorang atau mantan kekasih! Benar, bukan? Memang harus diakui, ketika kita sudah memiliki rasa cinta atau sayang terhadap seseorang akan sulit untuk menghilangkannya. Apalagi ketika rasa tersebut tidak terbalaskan oleh “si dia”.

Nah, mungkin biasanya orang-orang yang sudah tergolong dewasa dan mengerti akan permasalahan cinta, tidak terlalu memusingkan urusan ini. Yang menjadi masalah adalah dampak dari putus cinta tersebut bagi para remaja yang mungkin belum mengerti. Bagi Anda yang umurnya belum tergolong dewasa, cobalah untuk tidak terlalu memikirkan hal tentang cinta. Ketahuilah bahwa emosi yang Anda rasakan sekarang masih labil. Karena itu remaja adalah proses menuju dewasa. Memang tidak salah untuk jatuh cinta, namun, jika dengan jatuh cinta akan memberikan dampak buruk khususnya bagi psikologis Anda, lebih baik dikurangi. Namun terkadang tidak hanya remaja, dewasa pun ikut larut dalam kesedihan yang berlebihan akibat belum move on. Nah, bagi Anda yang masih sering sedih dan belum move on dari seseorang, tenang saja!

Ini loh 10 cara move on dari mantan yang bisa membantu Anda!

1. Berbagilah rasa sedih itu dengan bercerita

Cara move on dari mantan bisa Anda lakukan dengan berbagi kesidahan. Anda sedih karena belum move on dari “si dia”? Ingin menangis dan meluapkannya? Tidak salah kok! Hal itu baik dilakukan bagi Anda khususnya para remaja yang emosinya masih labil. Luapkanlah segala isi hati, bila ingin menangis, menangislah. Dengan begitu beban yang Anda rasakan akan perlahan hilang.

2. Bangun diri Anda kembali

Saat Anda sedang menjalin sebuah hubungan, umumnya konsep diri dan pasangan Anda saling terkait erat. Maka, tidak heran ketika hubungan kandas, konsep diri masing-masing pasangan yang terkait juga kandas. Oleh karenanya, terkadang membuat Anda jadi hilang arah dan merasa hampa karena tidak ada lagi kehadiran pasangan yang biasanya ada dalam hidup Anda. Namun, hal penting setelah kesedihan yang Anda rasakan, jangan terlarut terlalu dalam. Bangun kembali konsep diri Anda menjadi orang yang lebih baik, kuat dan tegar. Sejatinya, setiap masalah pasti membuat kita menjadi orang yang lebih kuat, khususnya bagi kondisi mental.

3. Tersenyumlah

Tersenyun dapat Anda praktikkan sebagai cara move on dari mantan. Sedih putus cinta itu wajar. Menangis karena sedih itu juga wajar. Namun, akan ada waktunya saat dimana Anda harus bangkit dari kesedihan itu. Hal yang dapat Anda lakukan untuk memberikan sugesti yang positif bagi perasaan Anda saat sedih adalah tersenyum. Mengapa? Saat sedih namun Anda melawannya dengan senyuman, itu akan membantu mengirim sinyal bahagia dan memberikan sugesti yang baik bagi pikiran dan perasaan Anda. Dengan begitu, hati akan merasa lebih baik. Coba, ya!

4. Ketahui dampak buruk dari sedih yang berlebihan

Sebelum Anda terlarut dalam kesedihan, yuk sadari dan ketahui dampak apa saja yang bisa terjadi bagi kesehatan diri Anda karena itu bisa menjadi cara move on dari mantan. Sedih yang berlebihan dapat membuat Anda menjadi depresi, mudah lunglai, selalu putus asa dan lemah pada fisik maupun mental. Nafsu makan Anda akan berkurang dan fisik Anda pun akan lemah. Kemudian, Anda akan cepat merasa trauma akan suatu hal dan membuat Anda sulit untuk terbuka. Dengan adanya trauma akibat kesedihan itu, akan sulit bagi Anda untuk bisa menerima suatu hal yang tidak cocok dengan Anda, walaupun sedikit saja.

5. Lakukan apa yang Anda sukai!

Cara move on dari mantan yang selanjutnya dengan lakukan apa yang Anda sukai. Nah, mungkin ketika Anda sedang berpacaran dengan “dia” Anda tidak terlalu bisa untuk melakukan apa yang Anda sukai. Mungkin Anda juga terlalu sibuk memikirkan atau terus berinteraksi dengan “dia” tanpa melakukan apapun yang Anda sukai. Oleh karena itu, ini dia kesempatannya! Karena Anda sudah tidak lagi bersama “dia”, maka lakukanlah hal-hal yang Anda sukai! Tapi tetap dalam konteks yang positif, ya!

6. Cari kesibukan!

Lalu, cara selanjutnya untuk move on dari mantan adalah cari kesibukan! Jangan biarkan diri Anda terdiam tanpa melakukan hal apapun yang produktif. Dengan melakukan banyak kesibukan yang positif seperti belajar, berbincang dengan orang tua atau teman, membaca novel, menonton, atau berolahraga, akan sangat membantu Anda untuk melupakan “si dia”.

Pada tingkat fisiologis, olahraga dapat meningkatkan aktivitas serotonin dan norepinehrine serta merangsang bahan kimia otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf pada tingkat emosional. Dengan begitu Anda bisa melampiaskan kesedihan tersebut dengan olahraga, seperti berenang, berlari, tinju atau muay thai.  Plus, Anda bisa memvisualisasikan dalam pikiran Anda seakan-akan Anda bisa meninju wajahnya. Seru, bukan? Dan selain itu, manfaat yang akan Anda rasakan juga sangat banyak, seperti aura yang akan terpancar dalam diri Anda pun akan ikut positif.

7. Sayangi diri dahulu sebelum menyayangi orang lain

Ini dia poin penting cara move on dari mantan! Perlu Anda sadari, ketika Anda mencintai atau menyayangi orang lain, Anda harus terlebih dahulu menyayangi diri Anda. Mengapa? Dengan mencintai diri Anda, itu adalah bentuk rasa syukur atas apa yang Anda telah miliki dalam hidup. Boleh Anda mencintai seseorang, tetapi jangan berlebihan, ya!

8. Putus cinta bukan akhir dari segalanya!

Putus cinta bukan akhir dari segalanya, tancapkan itu dalam pikiran Anda, ya! Cinta mungkin memang mengecewakan, namun bukan merupakan akhir dari segalanya. Anda masih muda, masih memiliki waktu yang cukup untuk menikmati hidup. Anda masih akan mengalami hal-hal positif lainnya yang dapat Anda jalankan. Contohnya seperti belajar, berkarir, melakukan hobi dan bermain. Sangat disayangkan bila tidak bahagia saat menjalaninya, bukan? Ingat, lho! Life is too short to be unhappy, right?

9. Belajar dari masa lalu

Setelah perasaan sedih itu hilang dan Anda sudah bisa menerima keadaan dengan baik, mulailah memperbaiki diri dengan belajar dari masa lalu, belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi saat Anda menjalin sebuah hubungan. Cobalah berubah menjadi orang baru dengan konsep dan pribadi yang lebih baik lagi, agar Anda mendapatkan pasangan pengganti yang juga lebih baik. Cegah dan hindari kesalahan-kesalahan yang terjadi dahulu pada diri dan pasangan Anda untuk masa yang akan datang, ya!

10.  Jika sudah siap, cobalah buka hati lagi dengan orang baru

Terakhir, cara move on dari mantan adalah dengan membuka hati kepada orang lain. Apabila perasaan sudah jauh membaik, jangan tutup diri Anda terlalu lama. Jika Anda siap untuk mencintai dan memulai kembali hubungan dengan orang yang baru, carilah orang yang lebih baik. Belajar dari masa lalu, carilah orang yang bisa senantiasa membahagiakan Anda dengan keseriusan semata. Dan coba lebih selektif lagi dalam memilih seseorang untuk menjadi pasangan Anda. Dengan begitu, broken heart can go away! Semangat!

Nah, itu dia 10 tips dan trik yang semoga dapat membantu Anda untuk move on! Yuk, wake up and be aware to love yourself first before someone else! Hidup tidak selalu berkutit dengan cinta. Waktu Anda masih panjang, maka gapailah dahulu mimpi Anda selagi masih bisa untuk diraih! Semangat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.